Tiga Jalur Ke Kota Medan

Pembahasan kita kali ini adalah Tiga Jalur Ke Kota Medan. Letak strategis dari Kota Medan yang jadi pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat menjadikan kota ini gampang diakses. Terdapat banyak pilihan jalur yang dapat sahabat semua pergunakan buat sampai ke Kota Medan.

Tiga Jalur Ke Kota Medan

Tiga Jalur Ke Kota Medan

Berikut ini 3 angkutan untuk sampai ke Kota Medan yaitu :

1. Angkutan Udara

Medan yaitu gerbang masuk utama wisatawan ke Sumatra Utara. Sesungguhnya opsi angkutan menuju kota Medan bisa dicapai melewati jalur udara, darat, ataupun laut. Ini artinya dari kota mana saja kawan-kawan semua bisa menuju Medan. Agar lebih gampang, ambil asumsi dari ibu kota saja, Jakarta. Dari Jakarta banyak sarana transportasi ke Medan atau Sumatra Utara.

Tapi, untuk menyingkat waktu, gunakan saja transportasi udara. Sekarang ini ada banyak maskapai penerbangan dengan harga relatif murah (LCC), bahkan sekali-sekali ga segan-segan memberi harga promo yang sangat murah. Adapun tiket pesawat penerbangan murah atau LCC saat ini hampir sama dengan tiket bus AC dan kapal laut kelas dua.

Tiga Jalur Ke Kota Medan

Sebagian maskapai penerbangan yang melayani rute Jakarta – Medan dan sebaliknya, antara lain:

  • Mandala Air: afiliasi Tiger Airways
  • Citilink
  • Lion Air
  • Sriwijaya Air
  • Batavia Air
  • Garuda Indonesia
  • Dan banyak lagi yang lain

Untuk dapat tiket harga promo termurah, Anda bisa sesekali menengok web maskapai penerbangan murah / LCC yang kerap mempersembahkan promo tiket dengan harga yang benar-benar murah contoh: Mandala Air.

Tiga Jalur Ke Kota Medan

Harus kamu ketahui tiap tiket promo diberikan hanya sampai bangku yang tersedia buat tiket promo habis terjual, kalau kursi yang diberikan dengan tiket promosi telah habis, harga bakal balik normal lagi. Jadi, siapa cepat, tentu bakal mendapatkan tiket murah. Di samping sering menengok situs maskapai penerbangan murah, kita juga bisa mengecek web utiket, traveloka dan situs penyedia jasa tiket lainnya.

Gerbang masuk kota Medan lewat transportasi udara ialah Bandar Udara International Kuala Namu (mulai tanggal 25 Juli 2013 dimana sebelumnya adalah lewat Bandar Udara International Polonia). Bandar Udara Kualanamu yakni bandar udara terintegrasi pertama di Indonesia. Bandara ini menghubungkan jalan masuk kendaraan darat secara terpadu yakni kereta api, jalan tol dan jalan non-tol.

Bandara Kualanamu mempunyai tingkat arus penerbangan tertinggi kelima di Indonesia, setelah Bandar Udara Soekarno-Hatta, Juanda, Ngurah Rai dan Sultan Hasanudin. Penyebabnya, letak kota Medan sebagai gerbang utama ke Indonesia di wilayah barat.

Tiga Jalur Ke Kota Medan

Buat menuju pusat kota Medan dari Airport Kuala Namu, kamu dapat menggunakan betor (becak motor) dengan ongkos bervariasi bergantung tawar menawar. Taksi di Medan emang jarang memakai argometer selain Taksi Bluebird, sehingga kalian perlu menawar. Di samping itu kamu juga dapat memanfaatkan angkutan bis atau angkot lainnya yang ada di dekat bandar udara.

Pilihan lainnya ialah dengan menggunakan transportasi multimoda yang nyaman dan efisien dari Bandara Kualanamu ke pusat Kota Medan. Transportasi multimoda ini adalah kerja sama antara Uber dengan Railink yakni kereta api Railink yang cuma membutuhkan waktu sekitar 30-40 menit dari bandar udara ke pusat Kota Medan.

Di samping melewati angkutan udara, kita bisa bertandang ke kota Medan lewat jalur lain, yaitu transportasi laut dengan menggunakan kapal laut dan transportasi darat dengan kendaraan roda empat ataupun roda dua.

Tiga Jalur Ke Kota Medan

2. Jalur Laut

Angkutan laut bisa ditempuh dari Pelabuhan Belawan. Di sana terdapat kapal yang melayani rute pelayaran menuju Batam, Tanjung Balai Karimun, dan Tanjung Priok Jakarta. Informasi pelayaran dari Jakarta menuju Medan dapat kamu lihat di website Pelayaran Indonesia (PELNI).

Di website PELNI, kalian cukup menuliskan nama pelabuhan asal, misalnya Tanjung Priok (Jakarta), dan pelabuhan tujuan, seumpama Belawan. Harus diketahui, untuk tujuan Belawan – Medan, buat saat ini hanya ada 3 embarkasi pemberangkatan pelayaran, yaitu melewati Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Batam, dan Tanjung Balai Karimun. Lalu cantumkan jadwal keberangkatan kapal (tanggal keberangkatan) yang mau kalian tahu, lalu klik Cari.

Tiga Jalur Ke Kota Medan

Dengan teknik ini, kamu mengetahui jadwal pelayaran dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Belawan Medan. Dan, untuk mengetahui harga tiket kapal laut PT PELNI buat rute Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Belawan Medan, Anda bisa mengklik Simulasi Biaya / Tabel Tarif. Di samping menggunakan kapal milik PT PELNI (KM KELUD), ada pula pelayaran memanfaatkan Kapal Ro-Ro Swasta seperti KM. Mandiri Nusantara.

Untuk membeli tiket kapal laut milik PT PELNI, kawan-kawan semua dapat datang ke kantor pusat ataupun cabang PT PELNI yang udah tertera di situs PT PELNI maupun agen-agen penjualan resmi tiket PT PELNI. Jikalau masih kebingungan mencari tiket kapal laut, sepantasnya kalian datang ke pelabuhan besar terdekat. Di sekitar pelabuhan pasti bertebaran banyak agen legal penjualan tiket kapal laut, baik dari PT PELNI ataupun swasta. Dan, setibanya di Pelabuhan Belawan, untuk menuju kota Medan, teman-teman semua tinggal mencari bus jurusan Medan – Belawan.

Tiga Jalur Ke Kota Medan

3. Jalan Darat

Kalau menuju kota Medan dicapai melewati transportasi darat khususnya dari Jakarta, kita dapat menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Kendaraan umum yang biasa digunakan sebagai angkutan darat menuju Medan adalah bus. Berikut ini sebagian perusahaan bis (PO) yang melayani rute Jakarta – Medan dan sebaliknya yakni :

  • PO Antar Lintas Sumatra (ALS)
  • PO PMTOH
  • PO ANS
  • PO Lorena
  • PO Medan Jaya

Ongkos bis dari Jakarta ke Medan atau sebaliknya beraneka ragam bergantung kelas dan fasilitasnya. Lama perjalanan dari Jakarta ke Medan atau sebaliknya paling cepat 48 jam. Setibanya di kota Medan, segala bus dari luar kota akan masuk Terminal Amplas.

Tiga Jalur Ke Kota Medan

Terminal Amplas yaitu terminal terpadu perhubungan darat di Kota Medan yang melayani bis-bis antar-provinsi maupun dalam provinsi yang datang dari arah selatan Kota Medan. Bis-bis di terminal ini lebih-lebih melayani trayek antar-provinsi tujuan Riau, Sumbar, Jambi, Sumsel, Lampung, dan Jakarta. Terminal ini berlokasi di Kecamatan Medan Amplas yang ialah pintu gerbang Kota Medan dari sebelah selatan. Dari Terminal Amplas, apabila ingin ke sentra kota Medan, kita bisa memakai angkutan kota (angkot) yang di sana lebih diketahui dengan nama sudako atau jasa betor (becak motor).

Sebab jarak yang relatif jauh dan waktu tempuh yang tergolong lama jika melintasi jalanan laut dan darat, sementara biaya angkutannya pun engga terlalu jauh berbeda, menggunakan angkutan udara betul-betul dianjurkan demi menghemat waktu perjalanan, biaya pesawat malahan tidak terlalu mahal jikalau memanfaatkan maskapai penerbangan murah / LCC.

Demikian info mengenai Tiga Jalur Ke Kota Medan, kami harap artikel ini berguna untuk Anda. Kami berharap post ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply